Bantuan Usaha Mikro, Peminat Banyak, yang Serius Daftar Belum Sampai 500

oleh -9 views

RAKYATCIREBON.ID – Pendaftaran calon penerima bantuan produktif usaha mikro (BPUM) di Kota Cirebon sedang berlangsung selama 14-28 April. Enam hari sejak dibukanya pendaftaran tersebut, kemarin (19/4), masih kurang dari 500 pendaftar yang mengajukan diri.

“Yang masuk 1.700 lebih orang. Tapi yang mendaftar belum sampai 500 pendaftar,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Cirebon, drh Hj Maharani Dewi.

Dijelaskan Maharani, ribuan orang sudah mendaftar secara online. Namun masih kurang dari 500 pendaftar yang menyerahkan berkas persyaratan administrasi. “Daftar online dulu, kemudian menyerahkan berkas fisik. Seperti KK, KTP, SKU, dan lainnya, termasuk foto produk,” katanya.

Tidak ada kuota pasti dari Kemenkop UKM untuk Kota Cirebon terkait BPUM tahun ini. Hanya saja, nominal bantuan turun dari Rp2,4 juta pada tahun lalu, menjadi Rp1,2 juta pada 2021 ini. Program bantuan ini dimaksudkan untuk stimulus bagi pelaku usaha kecil menengah.

“Setelah tanggal 28 April, kita rekap selama dua hari. Kemudian kita kirim ke provinsi dan Kementerian Koperasi dan UKM. Yang sudah dapat, masih bisa dapat,” jelasnya.

Senada disampaikan Kabid Koperasi dan UKM pada DPKUKM Kota Cirebon, Drs Saefudin Jufri. Pada 2020 lalu, sebanyak 24.504 pelaku UKM mendaftarkan diri menjadi calon penerima BPUM. “Tapi yang mendapatkan hanya sekitar 10.000 pelaku UKM,” ucapnya.

Formulir pendaftaran bisa diakses secara daring melalui link http://bit.ly/BPUMCirkot2021.Setelah mengisi formulir, selanjutnya tahap offline dengan membawa berkas yang disyaratkan. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *