Apakah Buah Hati Anda Tergolong Anak Manja? Kenali Ciri-cirinya

oleh -2 views

UNTUK mengetahui apakah anak kita manja atau tidak, sebenarnya dapat dilihat dari tingkah laku dan sikapnya sehari-hari. Namun terkadang sebagian orang tua kurang peka terhadap tingkah laku anaknya.

Sikap orang tua yang  memberikan kasih sayang lebih, tidak pernah menegur, hingga menuruti semua keinginan  dapat mendorong anak menjadi manja. Berikut cirri-cirinya:

1. SERING MARAH JIKA KEINGINANNYA TIDAK TERPENUHI

Salah satu ciri yang paling sering ditemui adalah anak mudah marah. Alasan utamanya adalah karena keinginannya tidak terpenuhi. Marahnya pun disertai dengan emosi, berteriak, hingga berguling-guling di lantai.

Hal ini cenderung terjadi pada anak manja yang keinginannya selalu terpenuhi. Selain orang tua, guru yang di sekolah juga harus mengetahui ciri ini. Sebab, ketika anak sudah mulai bersosialisasi dengan teman sebaya biasanya mudah bertengkar.

2. KETERGANTUNGAN TERHADAP ORANG TUA

Ciri anak manja yang selanjutnya adalah memiliki sifat ketergantungan pada orang tua. Bisa dikatakan bahwa sifat ketergantungan ini berlebihan. Misal ketika anak sudah mulai sekolah dan dititipkan kepada guru, anak biasanya menolak dan tidak ingin ditinggal orangtua.

Mungkin untuk hari pertama sekolah masih bersifat wajar. Namun jika terus berulang hingga setiap hari maka itu sudah menunjukkan bahwa anak berperilaku manja. Hal ini tentu saja menyulitkan orangtua dan anak ketika sudah dewasa nanti.

3. SUKA AKAN PERHATIAN

Anak-anak memang perlu diperhatikan dan diawasi namun anak yang manja menyukai perhatian yang berlebihan. Bahkan mereka juga bisa melakukan hal buruk untuk mendapatkan perhatian. Mulai dari memotong pembicaraan orang dewasa hingga mengganggu temannya.

4. TIDAK MAU MEMBANTU ORANG TUA

Sifat manja pada anak juga terlihat ketika anak diberi perintah oleh orangtuanya. Contohnya ketika diberi perintah untuk membantu orangtua namun sang anak malah menolak. Bahkan membantah perkataan orang tua.

Tidak hanya itu saja, ciri anak manja juga terlihat dari kegiatan yang dilakukan. Seperti mengambil barang yang harus diambilkan, meletakkan barang sembarangan, dan masih banyak lagi. Semua yang dilakukan memerlukan bantuan meski bersifat sederhana.

5. HAUS AKAN IMBALAN

Umumnya anak memang menyukai hadiah bahkan ketika sudah melakukan hal baik, anak biasanya akan meminta hadiah. Namun Anda harus peka terhadap perilaku anak tersebut. Terkadang anak meminta hadiah atau imbalan karena bersedia melakukan sesuatu.

Hadiah yang diinginkan pun bersifat memaksa dan segera. Jika tidak mendapatkan hadiah atau imbalan tersebut anak tidak akan menuruti perintah. Meski sudah mendapat hadiah pun anak jarang sekali mengucapkan terimakasih.

6. TIDAK SUKA KEKALAHAN DAN SUKA MENYALAHKAN ORANG LAIN

Anak yang memiliki sifat manja biasanya tidak suka akan kekalahan. Ciri anak manja juga terlihat sifat egois nya dan bahkan menyalahkan orang lain. Emosi akan kekalahannya diluapkan kepada orang lain dan terkadang memanipulasi pendapat.

7. TIDAK SABARAN

Selanjutnya adalah sifat yang tidak sabaran dan suka memerintah. Ciri ini juga umum terjadi dan Anda harus lebih peka serta tidak boleh membiarkannya. Anak yang tidak sabaran akan berteriak dan bahkan suka memerintah orang tuanya.

Jika hal tersebut terjadi di lingkungan sekolah, anak bisa saja memerintah temannya bahkan gurunya. Anak juga cenderung menginginkan hal yang tidak dimiliki namun orang lain memilikinya.(ing)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.