Alhamdulillah, Sembilan Pasien Covid-19 di Majalengka Sembuh

oleh -41 views
ZONA MERAH. Peta Sebaran Kasus Covid-19 di Kecamatan Jatiwangi kabupaten Majalengka update terakhir pukul 23:19 WIB, Selasa (16/3). Beberapa hari terakhir kasus terkonfirmasi positif Covid-19 masih terus terjadi. FOTO: COVID 19 MAJALENGKA

RAKYATCIREBON.ID – Di Masa penerapan PPKM skala mikro tahap keempat, ada sembilan pasien Covid-19 di Kabupaten Majalengka yang berhasil sembuh.

Sebelumnya, ada 1.800 pasien yang sembuh, sementara per hari ini telah mencapai 1.809 pasien terjadi kenaikan pasien sembuh.

Hal itu terlihat pada Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Majalengka, Senin (15/3) terupdate pukul 16.50 WIB.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Majalengka, Gandana Purwana mengatakan, pihaknya bersyukur adanya pasien sembuh yang jumlahnya lumayan banyak.

Padahal, beberapa hari terakhir lalu, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 masih terus terjadi.

“Ya, alhamdulillah hari ini ada yang sembuh. Jumlahnya mencapai 9 orang. Ini pertanda baik,” ujar Gandana kepada Rakyat Cirebon, Selasa (16/3).

Disampaikan dia, kasus terkonfirmasi pada hari kemarin tercatat sebanyak 2.243 kasus. Saat ini, bertambah menjadi 2.254 kasus.

Sementara, pasien meninggal berjumlah 184 kasus. Masih disampaikan Gandana, pasien aktif kini berjumlah 269 yang mana sebelumnya 258.

“Kecamatan Jatiwangi kini menjadi daerah dengan jumlah kasusnya cukup banyak yang kini ada 39 pasien aktif dari 150 pasien secara keseluruhan,” ucapnya.

Agus menambahkan, kasus Suspek dari 1.580 menjadi 1.591 orang sejak sehari terakhir ini dengan rincian 166 orang tengah isolasi, 1.425 selesai isolasi dan meninggal dunia menjadi 31 orang.

Sementara, kontak erat sudah mencapai 7.014 orang, rinciannya 1.365 karantina, dan 5.649 Discarded. “Pasien probable naik dari 67 orang menjadi 69,” tandasnya.

Sebelumnya, Surya Toserba Jatiwangi yang berada di Jalan Raya Lanud Sukani, Desa Mekarsari, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka terpaksa ditutup selama tiga hari. Penutupan usai sejumlah karyawannya dinyatakan positif Covid-19.

Saat dikonfirmasi, Kepala Pelaksana BPBD Majalengka, Iskandar Hadi mengatakan ada sekitar tujuh karyawan pusat perbelanjaan itu dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes PCR.

Dilakukannya tes swab tersebut buntut dari adanya indikasi reaktif terhadap 9 orang dari 23 yang dites secara internal.

“Ya benar, kemarin ditutupnya. Ada tujuh pegawai yang positif,” ujar Iskandar.

Ia menjelaskan, penutupan selama tiga hari ini bisa saja lebih panjang jika karyawan lainnya terdapat indikasi terpapar.

Adapun, akan ada pemeriksaan tes swab oleh tim Satgas terhadap 112 karyawan yang bekerja di Surya tersebut.

“Kemarin secara internal kan dites rapid kepada 23 orang. Nah sekarang ada 89 karyawan lainnya bakal dites dari hasil tracing,” ucapnya.

Iskandar pun menceritakan, adanya klaster di pusat perbelanjaan tersebut bermula dari adanya laporan ke Tim Satgas Kabupaten.

Yang mana, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satgas Kecamatan untuk segera menutup Surya Toserba Jatiwangi.

“Pihak manajemen Surya sangat kooperatif, karena ketika kemarin datang pihak Surya menerima untuk dilakukan penutupan sementara. Oleh karena itu, mulai kemarin sudah kita tutup,” jelas dia.

Iskandar menambahkan, selama penutupan pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan. Pembukaan kembali akan dilakukan setelah keluar hasil tes karyawan lainnya keluar.

“Setidaknya tiga hari dibiarkan dulu atau menungggu hasil sisanya yang ditracing itu. Sepanjang yang ditracing belum ada hasil, ya ditutup dulu. Tiga hari ditutup sambil menunggu hasil,” katanya.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *