Agro Durian Berpotensi Jadi Wisata Andalan Nasional

oleh -3 views
BERKUNJUNG. Sejumlah staf Kemendes PDTT Ujungberung mendengarkan penjelasan dari Kepala Desa Ujungberung, Haris AMD terkait pembangunan wisata agro Durian. FOTO: PAI SUPARDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Sejumlah staf Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengunjungi Desa Ujungberung Kecamatan Sindangwangi, Kamis (17/6).

Tim yang beranggotakan enam orang itu sengaja datang ke Ujungberung karena tertarik dengan potensi wisata yang dimiliki desa tersebut. Terutama wisata Agro Durian.

Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemendes PDTT, Samsul Widodo mengatakan, kedatangannya ke desa Ujungberung tidak lain adalah untuk melihat potensi wisata yang ada di Kabupaten Majalengka. Khususnya di Desa Ujungberung.

Dia mengaku sangat tertarik dengan potensi wisata agro yang diterapkan di desa Ujungberung.

Menurut Widodo, potensi wisata tersebut tidak menutup kemungkinan akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Majalengka. Bahkan Jawa Barat dan Nasional, jika lebih ditata dan dikembangkan lagi.

“Memang harus diakui jika desa desa di Kabupaten Majalengka memiliki banyak potensi wisata yang sangat menarik, termasuk wisata agro durian di Desa Ujungberung ini,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ujungberung, Haris AMD mengatakan, selain pihak Kementrian Desa yang tertarik dengan wisata agro durian tersebut.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum juga tertarik dengan wisata agro Durian Ujungberung. Bahkan pihaknya berjanji akan mengucurkan bantuan Rp2miliar lebih untuk membantu pengembangan wisata agro.

Dijelaskan Haris, lokasi wisata agro Durian memiliki luas hampir 15 hektare yang kesemuanya ditanami buah durian Sinapeul atau Perwira. Sementara tujuh hingga Sembilan hektare merupakan lahan kas desa. Sisanya merupakan lahan masyarakat.

“Saat ini di lokasi itu sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Diantaranya, areal parkir, musala, MCK dan kios kios pedagang durian Sinapeul,” pungkasnya. (pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.