Affiati Minta Waktu Sebulan Lagi, Ruri: Partai Minta Secepatnya

oleh -10 views
Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd

RAKYATCIREBON.ID – Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd meminta waktu selama sebulan terhitung 10 September lalu kepada pimpinan DPRD sebelum pergantian dirinya diproses. Namun, Partai Gerindra meminta proses pergantian tersebut bisa diselesaikan secepatnya.

Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana kepada Rakyat Cirebon, Senin (13/9). “Partai minta secepatnya (pergantian Affiati diproses). Karena ini kan sudah diputuskan DPP. Jadi sifatnya instruksi,” kata Ruri.

Ia mengakui, DPD Partai Gerindra Jawa Barat sudah menanyakan kepada Fraksi Gerindra DPRD Kota Cirebon mengenai proses pergantian Affiati dari jabatan ketua DPRD. Makanya, Ruri  menanyakan hal tersebut kepada sekretaris DPRD.

“Dari DPD menanyakan kepada fraksi, prosesnya sudah sampai sejauh mana. Makanya saya tanyakan kepada sekwan (sekretaris dewan, red). Saat ini katanya sedang berproses. Saya akan sampaikan ini ke DPD,” tuturnya.

Dikatakan Ruri, pihaknya ingin proses pergantian Affiati tetap berpijak pada Tata Tertib DPRD. Seperti tercermin dari proses rapat pimpinan DPRD yang sudah dilangsungkan pekan lalu. Ia mendapat informasi tersebut dari sekretaris DPRD.

“Sesuai aturan saja, dalam hal ini Tata Tertib DPRD. Pimpinan DPRD juga kata Pak Sekwan sudah rapat pada malam Jumat yang lalu,” kata politisi yang diproyeksikan DPP Partai Gerindra jadi pengganti Affiati sebagai ketua DPRD tersebut.

Ruri juga tak ingin menanggapi terkait permintaan waktu selama sebulan dari Affiati kepada pimpinan dewan. Dia tak mengetahui motif dari permintaan waktu yang disampaikan Affiati. Pasalnya, Affiati sampai sejauh ini tidak melayangkan gugatan kepada Partai Gerindra atas pergantian dirinya.

“Itu sih bicara pribadi. Kalau secara kelembagaan, harus terus berjalan. Silakan itu hak dia, kita tidak mau tahu. Karena yang jelas, tidak ada (gugatan dari Affiati ke Partai Gerindra),” tuturnya.

Ruri mengaku hanya menjalankan instruksi partainya. Sebagaimana DPD Partai Gerindra Jawa Barat sudah menerbitkan surat pengantar SK pergantian ketua DPRD. Di dewan sendiri, kata Ruri, tahapan untuk pergantian tersebut sudah masuk dalam agenda kerja yang disusun melalui Badan Musyawarah (Bamus) DPRD.

“Dari DPD bicaranya instruksi, sesuai surat pengantar yang dilayangkan akhir Agustus lalu,” kata dia. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.