74 Pejabat Alih Tugas, 27 Camat Kena Rotasi

oleh -12 views
DISUMPAH. Bupati Nina Agustina melantik puluhan pejabat di lingkungan Pemkab Indramayu.

RAKYATCIREBON.ID – Mutasi dan rotasi besar-besaran terjadi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu, Kamis (4/11). Ada 74 pejabat yang diangkat dan dialih tugaskan, termasuk 27 camat yang dirotasi.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah yang berlangsung di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra itu, juga dilakukan terhadap 20 pejabat pengawas dan pejabat fungsional.

Bupati Nina Agustina menegaskan, promosi dan mutasi pejabat merupakan hal yang sudah biasa terjadi di suatu organisasi. Hal ini dilakukan untuk melakukan penataan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, sehingga nantinya roda organisasi semakin siap bergerak untuk melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Oleh karena itu, pelantikan yang dilakukan hari ini sudah seharusnya dimaknai semata-mata demi kepentingan organisasi, bukan hanya penempatan sosok pejabat pada jenjang jabatan tertentu,” jelas bupati.

Menurutnya, promosi maupun mutasi jabatan menjadi bagian dari pola pengembangan karir seorang pegawai. Dalam hal ini, promosi merupakan suatu manifestasi penghargaan kepada pegawai yang dinilai baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pekerjaan dengan didasari pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pangkat, serta nilai pengabdian. Bahkan dinilai berkomitmen terhadap tugas dan tanggung jawab.

Sedangkan mutasi, lanjut bupati, merupakan sebuah langkah penyegaran dan wahana aktualisasi diri bagi para pejabat dalam memperkaya pengalaman, melatih kecepatan beradaptasi di lingkungan baru, dan sebagai sarana pembinaan karier.

Selain itu, mutasi juga bertujuan untuk menghindari potensi stagnasi dalam jabatan. Juga memberikan kesempatan kepada pegawai untuk lebih berprestasi di jabatan baru. Dalam konteks ini, mutasi pejabat harus dimaknai sebagai suatu penugasan, dan secara lebih bijak merupakan suatu amanah.

“Saya berpesan kepada yang baru dilatik agar senantiasa menjaga dan meningkatkan integritas, loyalitas serta semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pekerjaan. Mari kita bekerja cerdas, ikhlas dan tuntas dalam menyukseskan program-program pembangunan menuju Indramayu yang bersih, religius, maju, adil, makmur, dan hebat (Bermartabat, red),” ujarnya.

Sementara itu, promosi dan mutasi besar-besaran terjadi di jabatan administrator. Dari 31 camat, hanya 4 camat yang masih bertahan di wilayah tugasnya. Yaitu Camat Sukra, Sliyeg, Kandanghaur, dan Kertasmaya. Selebihnya terjadi promosi dan mutasi.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Indramayu Nomor 821.2/Kep.210-BKPSDM/2021, Indra Mulyana yang sebelumnya Camat Jatibarang bergeser menjadi Camat Indramayu. Nurulhuda semula di Juntinyuat, bergeser ke Cikedung.

Asep Kusdianti yang semula Camat Indramayu bergeser menjadi Camat Juntinyuat. Camat Bongas Iing Kuswara bergeser menjadi Camat Balongan, Opik Hidayat semula Camat Anjatan bergeser menjadi Camat Losarang.

Sedangkan wajah-wajah baru yang menjadi camat antara lain, Rohaedi yang menjadi Camat Bongas, RM Wahyu Adhiwijaya Camat Bangodua, Atang Suwandi Camat Kedokanbunder, Suyitno Camat Karangampel, Suminta Camat Krangkeng, Uus Wuspito Camat Arahan, serta Siddik Tri Hartono yang menjadi Camat Widasari. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.