31.221 Warga Bakal Terima Bansos Beras dari Bulog

oleh -1 views
LEPAS PENYALURAN. Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati melepas penyaluran bantuan sosial beras oleh Perum Bulog untuk warga Kota Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat kurang mampu selama pemberlakuan PPKM Darurat, Perum Bulog mulai mendistribusikan Bantuan Sosial Beras (BSB) kepada masyarakat, termasuk di Kota Cirebon.

Bantuan Sosial Beras (BSB) tersebut, merupakan bantuan dari Kementerian Sosial. Dalam penyalurannya, Kemensos mempercayakan Perum Bulog sebagai pihak penyedia atau operator dari komoditi yang akan disalurkan.

Pemimpin Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Ramadin Ruding mengungkapkan, program bantuan ini sudah dilaunching di tingkat pusat pada 16 Juli lalu. Sasarannya, Perum Bulog mempercayakan data penerima kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA).

“Hari ini (Senin, red) baru sempat launching di Cirebon. Kami Bulog tidak memegang data by name by address. Kami hanya punya angka globalnya saja. Jadi, data kami sepenuhnya dari Dinsos. Kami hanya operator, secara tanggung jawab, putus setelah di tangan transporter,” ungkap Ramadin kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Pada program ini, lanjut dia, sebagaimana daerah lingkup kerjanya, Perum Bulog Cabang Cirebon membawahi empat kota dan kabupaten. Yakni Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, lalu Kota dan Kabupaten Cirebon. Namun di luar itu, Perum Bulog Cirebon juga diberikan tugas tambahan untuk menyalurkan di dua daerah, yakni di Bandung dan Kabupaten Cianjur.

“Untuk empat daerah stok kita terbesar ada di 2.400 ton di Kabupaten Cirebon. Belum lagi kami harus melayani Bandung dan Cianjur 500 ton,” jelasnya.

Untuk penyaluran hari pertama, Senin (19/7) lalu, dilakukan di Kelurahan Pekalangan. Dilanjut pada hari Rabu (hari ini, red) karena untuk hari Selasa libur hari besar Islam.

Untuk penyaluran bantuan beras 10 kilogram untuk setiap penerima ini, Perum Bulog diberikan waktu satu bulan untuk bisa menyalurkan. Di Kota Cirebon, menurut data dari DSPPPA, sedikitnya ada 31.221 sasaran.

“Hari ini di Kelurahan Pekalangan, dibatasi satu kelurahan sebelum Lebaran. Rabu lanjut penyaluran. Sebanyak 4.900 ton untuk empat Kota dan Kabupaten. Pendistribusian diberi waktu sebulan. Masih bergulir penambahan. Basis data di Dinas Sosial. Kami hanya operator yang menyerahkan ke pihak transporter. Untuk Kota Cirebon sekitar 31.221,” jelas Ramadin.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati menyambut baik program bantuan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Perum Bulog.

“Pemkot menyambut baik bantuan dari Kemensos melalui Bulog ini. Mudah-mudahan bisa membantu kebutuhan pangan warga di Kota Cirebon yang saat ini merasakan dampak pandemi, khususnya PPKM Darurat,” ungkap Eti. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.