12 Tahun Hilang, TKW asal Tukdana Indramayu Berhasil Dipulangkan

oleh -50 views
BISA PULANG. Casmi, PMI asal Desa Sukamulya, Kecamatan Tukdana yang hilang kontak 12 tahun di Arab Saudi bersyukur bisa kembali berkumpul dengan keluarga.

RAKYATCIREBON– Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang hilang kontak selama 12 tahun di Arab Saudi sudah berhasil dipulangkan pada Selasa (16/11) lalu. Adalah Casmi (56) warga Desa Sukamulya, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu.

Dituturkan adik Casmi, Sana (35), kakaknya itu berhasil ditemukan setelah pihak keluarga melakukan berbagai upaya untuk mencari tahu keberadaannya setelah lama hilang kontak. Lalu keberadaannya baru diketahui dari hasil penelusuran yang dilakukan KBRI Riyadh.

Ternyata, Casmi dipindah kerjakan ke rumah majikan baru yang masih saudara dari majikan sebelumnya. Kemudian KBRI Riyadh melakukan koordinasi dengan Kepolisian Al Uwaiqilah untuk penjemputan Casmi dan dibawa ke Shelter KBRI.

Sebenarnya, kata Sana, pihak keluarga sudah berupaya sejak hilang kontak pertama kali. Namun selalu saja tidak ada hasil. Dan setelah melapor ke Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu pada setahun lalu, keberadaan Casmi bisa diketahui.

Saat tiba di tanah air, Casmi menjalani karantina selama 5 hari di Jakarta sebelum dijemput keluarga.

“Sebenarnya dari dulu-dulu juga sudah berupaya, tapi gak ada hasil. Baru ada titik temu setelah laporan ke SBMI sekitar 1 tahun lebih. Saat hilang kontak itu, selama bertahun-tahun keluarga berupaya untuk menemukan Casmi hingga akhirnya kini bisa dibawa pulang, dan sekarang tentunya seneng. Alhamdulillah bisa kumpul lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, misteri keberadaan kakaknya selama 12 tahun tidak hanya karena hilang kontak. Juga disebabkan karena Casmi tidak diijinkan berkomunikasi dengan keluarga oleh majikannya.

Sementara itu, Casmi mengungkapkan rasa senangnya bisa berkumpul lagi dengan keluarganya. Dan kini ia konsentrasi mengurus kedua orang tuanya yang sudah sepuh. “Alhamdulillah seneng (bisa pulang, red),” tukasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.