10 Perangkat Terpapar, Kantor Desa Setianegara Lockdown

oleh -160 views
LOCKDOWN. Kantor Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan terpaksa lockdown (tutup) karena 10 perangkat desa dinyatakan positif Covid-19. FOTO: ALEH MALIK/RAKYAT KUNINGAN

RAKYATCIREBON.ID – Kantor Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan terpaksa harus lockdown. Pasalnya, ada 10 perangkat desa terkonfirmasi positif Covid-19.

“Yang terkonfirmasi saat ini ada 10 perangkat desa. Hari ini sudah dilaksanakan swab antigen. Jadi total di Desa Setianegara ada 58 orang termasuk anggota keluarga yang terpapar,” kata Kepala Dusun Wage, Diki Setiawan saat ditemui awak media di Posko Desa Setianegara.

Menurut Diki, mereka yang terpapar ini berawal dari orang tua yang dirawat di rumah sakit. Hasil tes swabnya dinyatakan positif Covid-19. Selain itu, anggota keluarga pasien juga ada yang positif. Kemudian dilakukan tracking kontak erat yang kebetulan satu pekerjaan sebagai aparat desa. Akhirnya menyebar luas lagi ke keluarga.

“Covid ini bukan berasal dari pemudik. Sepuluh desa yang terkonfirmasi positif melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Tidak boleh keluar rumah sebelum hasil swab keluar,” ujarnya.

Diungkapkan Diki, untuk memutus penyebaran Covid-19, Satgas Covid Desa Setianegara sudah melakukan penyemprotan. “Sepuluh orang yang terkonfirmasi Covid-19 statusnya OTG, termasuk kepala Desa Setianegara,” terangnya.

Walaupun balai desa di-lockdown, namun pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan. Pihaknya menyediakan posko untuk melayani masyarakat. “Kami pun terus berkoordinasi dengan Satgas Kecamatan, sehingga kami menjamin pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan,” imbuhnya.

Dari pantauan di lapangan, Desa Setianegara Kecamatan Cilimus dilakukan lockdown. Tidak ada kegiatan di area balai desa. Petugas keamanan dari TNI dan Polri berjaga di halaman balai desa setempat.

“Perangkat yang dites negatif, tetap kita suruh untuk isolasi mandiri di rumah. Hingga situasi pandemi di desa benar-benar pulih,” pungkasnya. (ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.